Perdagangan antarnegara

A. Pengertian perdagangan antarnegara adalah perdagangan yang dilakukan oleh masyarakat dari suatu negara ke masyarakat yang berada di negara lain berdasarkan kesepakatan bersama. Masyarakat dapat berupa individu, lembaga, kelompok, pemerintah di suatu negara. Ruang lingkup perdagangan antar negara adalah:
1. Perpindahan barang dan jasa dari suatu negara ke negara lain.
2. Perpindahan modal melalu investasi dari luar negeri.
3. Perpindahan tenaga kerja dari suatu negara ke negara lain.
4. Perpindahan teknologi dengan cara mendirikan sebuah perusahaan di negara lain.
5. Penyampaian informasi tentang adanya SDA dan SDM.

B. Aktivitas perdagangan antarnegara
Ada dua aktivitas perdagangan antarnegara yaitu:
1. Impor
Kegiatan membeli barang dari luar negeri. Kegiatan ini di bagi menjadi dua yaitu impor migas dan non-migas.
2. Ekspor
Kegiatan untuk menjual barang dari dalam negeri ke luar negeri.
Prinsipnya adalah menjual barang dapat mata uang asing untuk membayar impor.
Hal ini yang mempengaruhi devisa.

C. Usaha pemerintah untuk mendorong ekspor
1. Mempermudah kepada siapa saja yang ingin melakukan ekspor.
2. Menjaga nilai tukar rupiah.
3. Membuat perjanjian dagang internasional.
4. Melakukan promosi untuk memperkenalkan barang dari dalam negeri.

D. Faktor pendorong ekspor
1. Keadaan pasar luar negeri
Besar kecilnya permintaan dan penawaran dari berbagai negara yang mempengaruhi harga dunia.
2. Keuletan eksportir untuk menangkap peluang pasar.
Eksportir harus pandai untuk memanfaatkan peluang pasar.
3. Kondisi sosial, ekonomi, politik suatu negara
Jika ada keanehan pada satu bidang maka akan mempengaruhi bidang-bidang lain.
E. Faktor yang mempengaruhi perdagangan antarnegara
1. Konflik
Konflik dapat mengganggu proses pengiriman barang karena faktor keamanan dan keselamatan barang tidak dapat ditentukan.
2. Nilai kurs mata uang
Ini sangat penting karena jika nilai mata uang turun mendadak bisa membuat kerugian bagi produsen.
3. Teknologi transportasi
Faktor satu ini mempengaruhi keefektifan proses pengiriman barang.
4. Bencana alam
Dapat mengganggu karena dapat menyebabkan kerusakan pada infrastruktur yang menyebabkan keterlambatan.
5. Persaingan yang ketat
Persaingan antara produsen sangatlah ketat karena banyak sekali produsen yang ada di seluruh dunia.

F. Manfaat perdagangan antarnegara
1. Memperoleh keuntungan.
2. Memperoleh barang yang tidak bisa diproduksi di dalam negeri.
3. Menjalin persahabatan antarnegara.
4. Transfer teknologi modern.

G. Faktor yang mendorong perdagangan antarnegara.
1. Untuk memenuhi kebutuhan barang dan jasa dalam negeri.
2. Keinginan memperoleh keuntungan dan meningkatkan pendapatan negara.
3. Adanya perbedaan dalam ilmu pengetahuan dan teknologi.
4. Adanya kelebihan produk dalam negeri sehingga terbuka pasar baru.
5. Adanya perbedaan keadaan alam.
6. Keinginan membuka kerjasama, hubungan politik, dan dukungan dari negara lain.
7. Terjadinya era globalisasi sehingga tidak satu pun di dunia dapat hidup sendiri.
Sekian dari saya terimakasih sumber buku ilmu pengetahuan sosial kelas VIII SMP/MTs dari KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN REPUBLIK INDONESIA 2017 edisi revisi 2017.
*Jika ada kekurangan silahkan tulis di komentar hal itu akan sangat membantu.

Comments

Popular Posts